Contoh Pidato Kata Sambutan Pernikahan

Sebelum membuat naskah kata sambutan pernikahan, maka yang perlu kita lakukan adalah: 1) Inventarisir nama shohibul hajat; 2) Mencari bahan; 3) Membuat kerangka sambutan; 4) Mulai menyusun naskah.

Berikut contoh kata sambutan pernikahan dalam acara resepsi.

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang, dan salam sejahtera bagi kita semua.

الحمد لله الذي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً.
اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين. أما بعد

Yang kami hormati,

Keluarga besar Bpk. …..dan Ibu …
Serta Bapak/Ibu, tamu undangan yang berbahagia.
Segala puji bagi Allah yang telah Menciptakan manusia dari diri yang satu, kemudian Allah Menciptakan baginya pasangan, dan dari keduanya Allah Memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Puji syukur juga kita ucapkan atas semua nikmat yang telah diberikan kepada kita, sehingga pada siang yang berbahgia ini kita dapat mengahadiri acara resepsi pernikahan putra putri kami tercinta ananda ….. dengan ananda … yang telah melaksanakan akad nikah pada pagi hari ini.

Bapak/Ibu, Hadirin yang berbahagia.

Atas nama keluarga besar Bpk. …….., kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang dengan ringan kaki di awali dengan niat yang ikhlas ikut mengantarkan kedua mempelai dalam menempuh kehidupan barunya. Baik Bapak/Ibu yang mengikuti proses ijab dan qabul dalam prosesi akad nikah maupun yang akan memberikan untaian do’a dalam acara resepsi siang hari ini.

Kepada kedua mempelai, kami sampaikan selamat berbahagia.

Namun, ada amanah besar sebagai seorang suami dan seorang istri yang harus kalian laksanakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kelak nanti. Oleh sebab itu hendaknya rasa syukur dan do’a para tamu undangan pada saat yang berbahagia ini dapat kalian jadikan sebagai momentum untuk meraih keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah.

Selamat mengarungi biduk rumah tangga, Semoga kalian bisa saling mencintai dikala dekat, menjaga kehormatan dikala jauh, menghibur dikala duka, mengingatkan dikala suka, mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan serta saling menyempurnakan dalam beribadah kepada Allah SWT.

بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير
Bapak/ibu hadirin yang saya hormati,

Terakhir kami atas nama keluarga mengucapkan teriima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dengan ikhlas sehingga acara resepsi pernikahan ini dapat terlaksana dengan baik. Kami dari keluarga hanya dapat mendoakan semoga semua itu dinilai sebagai amal kebaikan dan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT. Amin. Kami juga mohon maaf kepada hadirin semunya jika dalam menyambut kehadiran Bapak/Ibu masih terdapat kekurangan dan ada hal-hal yang tidak berkenan.

Wallaahul muwafiq ilaa aqwamith thariiq

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Share